Senin, 18 Mei 2009

Gotong Royong Bangun Stadion

Berlin - Para fans Union Berlin akan menatap musim depan dengan sumringah. Tidak hanya karena mereka promosi ke Divisi 2, tetapi juga karena mereka punya stadion baru yang mereka bangun sendiri.

Bukan baru dalam arti benar-benar baru, sebetulnya. Tetapi berkat semangat gotong royong yang mereka perlihatkan, mereka sukses merenovasi Stadion An der Alten Forsterei, kandang mereka selama ini.

Krisis ekonomi yang tak luput menghantam klub-klub di divisi bawah ternyata tak mengalangi militansi pendukung Union. Ratusan orang secara sukarela bekerja membangun stadion ini sejak Juni tahun lalu.

Setelah melalui perjalanan melelahkan, termasuk persoalan hukum serta ancaman kebankrutan, Presiden Union Dirk Zingler setahun lalu akhirnya mengumumkan renovasi Alten Forestei disetujui otoritas.

Para sukarelawan itu memberikan waktu luang mereka, peralatan, bahan bangunan dan pengalaman mereka. Secara total, komitmen dari para fans dalam bentuk kerja dan sumber daya bernilai 5,5 juta euro (Rp 77,5 miliar).

Rinciannya, pengerjaan stadion yang kapasitasnya dinaikkan jadi 20.500 kursi itu telah menyedot 75 ribu jam kerja berharga 2 juta euro. Sedangkan sumbangan material, peralatan dan tenaga kerja berharga 2,5 juta euro.

Jumlah mereka yang bersedia bekerja juga terus bekerja. Dari awalnya cuma ratusan orang, jumlah pekerja sekarang mencapai 1.600 orang yang bekerja di bawah enam orang pengawas profesional. Setiap hari, 30-100 orang bekerja sama. Kemajuan pekerjaan itu diumumkan melalui sebuah log di situs mereka.

Stadion ini direncanakan akan siap untuk dipakai pertama kalinya pada 8 Juli depan. Untuk inaugurasi, pertandingan persahabatan melawan klub sekota, Hertha Berlin, diagendakan. Seluruh sukarelawan bakal masuk stadion dengan gratis.

"Respons dari para pendukung sangat menakjubkan. Semua orang menghabiskan liburan serta waktu luang mereka di sini. Yang lain datang pada akhir pekan, lalu para pelajar bekerja saat liburan semester. Benar-benar menakjubkan," girang jubir Union, Christian Arbeit, kepada Reuters.

Sementara stadion mereka yang terletak di tengah hutan itu direnovasi, Union mennumpang di Stadion Friedrich Ludwig Jahn Sportpark milik rival sekota, Dynamo Berlin.

Akhir pekan lalu, konvoy 250-an mobil berlangsung di Jahn Sportpark ketika Union mengalahkan Regensburg 2-0 untuk memastikan promosi ke Bundesliga 2. Mereka menuju ke Alten Forsterei untuk berpesta.

"Klub kita, stadion kita, lapangan kita, The Alten Forsterei!" seru mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar