Minggu, 07 Juni 2009

THE JAK DAN NJ TAWURAN DI MALANG

Malang - Ratusan suporter Persija Jakarta (Jakmania) dan Persitara Jakarta Utara (NJ), Sabtu (6/6) siang, terlibat tawuran di perempatan Jalan Semeru dan Bromo, Kota Malang atau sekitar 100 meter dari Stadion Gajayana, tempat dihelatnya pertandingan "derby" Jakarta tersebut.

Pada pukul 12.00 WIB, sekitar 300 suporter Persitara Jakarta Utara tiba di Stasiun KA Kotabaru Malang, kemudian diangkut kendaraan menuju Stadion Gajayana melalui "jalan tikus" karena di Jalan Tugu ditutup total.

Begitu sampai di perempatan Jalan Bromo-Semeru, tiba-tiba puluhan The Jakmania melempari suporter Persitara Jakarta Utara dengan batu berbagai ukuran dan terjadilah saling lempar antarsuporter yang sama-sama berasal dari Jakarta itu.

"Kami tidak tahu kenapa The Jakmania tiba-tiba melempari kami dengan batu. Kami berupaya menghindar tapi mereka tetap mengejar kami hingga di kawasan Stadion Gajayana," kata Koordinator NJ, Umar.

Sementara dari pihak Jakmania belum ada yang berkomentar.

Karena terjadi lemparan-lemparan batu yang cukup membahayakan, arus lalu lintas di Jalan Semeru dialihkan dan ditutup total, sedangkan aparat kepolisian yang semula mengamankan kirap Piala Adipura Kota Malang, akhirnya berhamburan menuju lokasi tawuran.

Setelah dilerai puluhan aparat kepolisian, kedua suporter asal Jakarta itu dievakuasi ke tempat yang berbeda. Suporter Persija Jakarta ditempatkan di sisi timur stadion dan suporter Persitara Jakarta Utara diangkut mobil polisi untuk ditempatkan di sisi barat stadion.

Kepala Samapta Polresta Malang AKP Susanto mengakui ada kejadian saling lempar antara pendukung The jakmania dengan NJ dari Jakarta Utara, namun tidak sampai ada yang terluka.

"Sekarang mereka sudah kami pisah dan NJ sudah kami evakuasi ke sisi barat stadion," katanya.

Pertandingan Persija Jakarta yang menggunakan "home base" di Stadion Gajayana Malang, menjamu tim satu wilayah, Persitara Jakarta Utara digelar Sabtu (6/6) malam.

Persija Jakarta masih menyisakan satu pertandingan lagi yang menggunakan Stadion Gajayana sebagai "home base"-nya yakni menjamu Persib Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar